EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KOMBINASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Herlina HP

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model problem based learning dengan kombinasi pendekatan saintifik dan problem posing dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa data hasil belajar matematika peserta didik pada pre-test bahwa nilai rata-rata 39,87 yang berada pada kategori sangat rendah dengan standar deviasi 8,99 dari skor ideal 100, sedangkan pada post-test bahwa nilai rata-rata 81,52 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 5,84 dari skor ideal 100, tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test sebesar 100% dalam kategori tidak tuntas sedangkan pada post-test sebesar 89,58% dalam kategori tuntas, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, dan aktifitas peserta didik pada pertemuan terakhir berada pada waktu ideal, serta respon peserta didik berada pada kategori positif dengan skor rata-rata respons peserta didik mencapai 3,67. Hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 20 untuk menguji hipotesis menunjukkah bahwa data hasil belajar peserta didik pada post-test signifikan dengan nilai α = 0,05, sedangkan pada gain ternormalisasi signifikan dengan nilai α = 0,05, serta data respon peserta didik signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriktif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan kombinasi pendekatan saintifik dan problem posing efektif di kelas VIII SMP Negeri 1 Palopo Kota Palopo.

Kata kunci : Problem Based Learning, Pendekatan Saintifik. Pendekatan Problem Posing

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdullah Sani, Ridwan 2014. Pembelajaran saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdusakkir. 2009. Pengertian Posing, (Online), (http://abdusakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-dengan-problem-posing/, diakses 10 Januari 2011).

Anita. 2005. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Siswa Kelas Ia SMP Khadijah Makassar. Makassar. Skripsi

Ardin. 2012. Efektivitas pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe NHT dapat menjadi solusi dari permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 Kulisusu.

Baldwin, A.L. 1967. Theories of Child Development. New York: John Wiley & Sons.

Carin, A.A. & Sund, R.B. 1975. Teaching Science trough Discovery, 3rd Ed. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Era Waluyo dan Mintohari. 2013. Penerapan Pendekatan Problem Posing (Pengajuan Masalah) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya http://www.scribd.com/doc/147271103/PENERAPAN-PENDEKATAN-PROBLEM-POSING-PENGAJUAN-MASALAH-UNTUK-MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-BERPIKIR-KREATIF-PADA-SISWA-SEKOLAH-DASAR#scribd

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang, Malang.

Ismail. 1998. Kapita Salekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muhfida. 2010. Pelaksanaan Pendekatan Problem Posing (Online). (http://blog.muhfida.com/pelaksanaan-pendekatan-problem-posing, diakses 10 Januari 2011).

Nur, M. & Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya University Press.

Redhana, I Wayan, 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(17),141-148.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, 2011 Metode Penenlitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutisna. 2010. Pengertian Problem Posing, (Online), (http://sutisna.com/artikel/kependidikan/pengertian-problem-posing/, diakses 10 Januari 2011).

Tim Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jilid II. Jakarta : Balai Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2014. Pendekatan dan Strategi Pembelajaran (Online) (https://pengawasmadrasah.files.wordpress.com/2013/11/10-pendekatan-saintifik.pdf, diakses 15 Desember 2014)

. 2003. Undang-undang Sisdiknas (Online) (http://www.telkomuniversity.ac.id/images/uploads/UU_No._20_Tahun_2003_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf, diakses 15 Desember 2014)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.