PROFIL BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNCP YANG BERKEMAMPUAN LOGIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED

Sukmawati Sukmawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan logika tinggi dalam pemecahan masalah open ended. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tugas pemecahan masalah open ended dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV yang terdiri dari dua orang subjek berkemampuan logika tinggi. Hasil penelitian menunjukkan profil berpikir kritis mahasiswa yang berkemampuan logika tinggi dalam pemecahan masalah open ended, yaitu: dalam hal 1) Memberikan penjekasan sederhana, pada tahap memahami masalah subjek (ST) cenderung melakukan berpikir induktif jenis analogi, tahap merencanakan penyelesaian subjek (ST) cenderung melakukan berpikir induktif jenis generalisasi, tahap melakukan rencana penyelesaian subjek (ST) cenderung melakukan berpikir induktif jenis generalisasi dan deduktif jenis silogisme. 2) Menyimpulkan, pada tahap memahami masalah dan merencanakan penyelesaian subjek (ST) cenderung menyimpulkan secara induktif, tahap melakukan rencana penyelesaian subjek (ST) cenderung menyimpulkan secara induktif dan deduktif. 3) Strategi dan taktik, pada tahap memahami masalah subjek (ST) tidak menggunakan strategi dan taktik, tahap merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian subjek (ST) memutuskan suatu tindakan mencari strategi dan taktik yang akan dilakukan kemudian menemukan pola mengenai konsep awal yang digunakan dalam memecahkan masalah tersebut. Pada tahap melihat kembali subjek (ST) hanya menggunakan kemampuan prosedural dalam membayangkan apa yang telah dituliskan.

Kata Kunci: Profil berpikir kritis, kemampuan logika, induktif, deduktif

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alimuddin. 2012. Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Ennis. 1993. Critical Thinking Assessment. Journal Volume 32 number 3. College of Education Ohio State University

Jalahuddin. 2013. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Rajawali Pers: Jakarta

Jatri, Fauzan. 2013. Penerapan Problem Possing dalam Pembelajaran

Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan

Berpikir Logis Matematis Siswa. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta

Nuraeni, 2011. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa MTs Muallimin Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Polya, George. 1973. How To Solve It (2ndEd). Priceton: Priceton Univercity Press

Ramdhani, Sendi. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Possing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Takahashi, Akihiko. 2006. Communication as Process for Students to Learn

Mathematical. Online. Tersedia:

http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2014/papers/PDF/14.Akihiho_

Takahashi_USA.pdf. [diakses pada 31 mei 2014]

Zulmaulida, Rahmy. 2012. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kritis. Tesis. Tidak Diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.