STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DANGE DI KABUPATEN LUWU UTARA

Dharma Fidyansari, Megawati Idris, Wahyuningsih Wahyuningsih

Sari


Kabupaten Luwu Utara merupakan sentra produksi sagu di Sulawesi Selatan dengan luas lahan 1.552 ha. Produk olahan sagu yang cukup diminati oleh masyarakat Luwu Utara.. Seiring isu potensial sagu untuk menjadikannya sebagai bahan pangan alternatif bagi masyarakat Indonesia selain padi, maka diperlukan upaya pengembangan usaha dange. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha dange serta merumuskan strategi pengembangan usaha dange. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini mengambil data dari responden dan informan. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor internal yang mempengaruhi usaha “dange” meliputi aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek produksi dan operasi, aspek sumberdaya manusia. Sedangkan faktor-faktor eksternal meliputi; lingkungan politik, lingkungan ekonomi, lingkungan sosial, kekuatan tawar menawar pembeli, dan nilai pedagang. Adapun keputusan strategi untuk pengembangan usaha dange di Kabupaten Luwu Utara antara lain: (1). Peningkatan teknologi guna meningkatkan kapasitas , mutu dan variasi produk; (2). Melakukan Promosi produk dange melalui pameran guna memperluas wilayah pemasaran; (3). Mengikutsertakan pelaku usaha dange pada Program Pengabdian Kepada Masyarakat; dan (4). Pelatihan Manajemen oleh Pemerintah Setempat bagi pelaku usaha dange. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk membina lebih lanjut para pelaku usaha dange melalui pembentukan Kelompok Usaha Bersama khusus untuk para pelaku usaha dange di Kabupaten Luwu Utara.
Kata Kunci: Dange, Strategi, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Assauri, S. 2013. Strategik Management. PT Raja Grafindo Persada. D

David, R.F. 2006. Manajemen Strategi : Konsep. Edisi kesepuluh. Salemba Empat. Jakarta

Griffin, Ricki W dan Ronal J.E. 2007. Bisnis Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 9. Jakarta: PT. Prehallindo

Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus. PT Gramedia. Jakarta

Yulianti, D. 2014. Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan (Studi Kasus di PT. Perkebunan Nusantara VII Lampung). Jurnal Sosiologi, Vol.16 (2) : 103-114.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.