Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer dengan Adobe Flash CS6

Safwan Kasma

Abstract


Tujuan penelitian Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer dengan Adobe Flash CS6 ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang; (1) mengetahui kondisi pembelajaran mata kuliah sistem operasi komputer di Program Studi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo, (2) mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer dengan Adobe Flash CS6 (3) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Multimedia Interaktif Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer dengan Adobe Flash CS6. Peneliti menggunakan model pengembangan Mardika yang diadaptasi dari dari model Borg & Gall, Dick & Carey dan Ariesto Hadi Sutopo. Produk yang dihasilkan adalah multimedia intraktif pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di Universitas Cokroaminoto Palopo Program Studi Informatika. Peserta didik dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini yakni 3 peserta didik pada uji coba one to one, 10 peserta didik pada uji coba kelompok kecil serta 30 peserta didik pada uji coba lapangan, 1 pendidik dan 2 pengamat pada uji coba terbatas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian yakni; (1) pada kondisi awal pembelajaran cenderung didominasi oleh pendidik dengan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan peserta didik lebih banyak pasif, akibatnya peserta didik terkadang merasa jenuh tanpa memberi kesempatan pada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran; (2) proses pengembangan multimedia intraktif pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer mengacu pada model Mardika yaitu analisis, desain pembelajaran, produksi multimedia, validasi ahli, revisi, uji coba produk dan (3) produk yang dihasilkan berupa multimedia intraktif pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Komputer telah valid, efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah sistem operasi komputer di Program Studi Teknik Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo yang dianalisis menggunakan teknik deskriftif kuantitatif.

Full Text:

Untitled

References


M. Suyanto, Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Andi, 2005.

S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

A. Jibril, Jurus Kilat Jago Adobe Flash., Yogyakarta: Dunia Komputer, 2011.

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Departemen Pendidikan Nasional, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta, 2010.

I.N. Mardika, “Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris di SD”, Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sutirman, Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

T.S. Chee and F. L. Angela, Teaching and learning with technology: An asia-pacific perspective, Singapore: Prentice Hall, 2003.

H.W. Bachtiar, Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakata: Grafindo Persada, 2007.

M. D. Gall, W. R. Borg, and J. P. Gall, Educational research: an introduction, 7th ed., New York: Longman, Inc, 2003

Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013.

Djamarah dan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006, pp. 124-126, 2006

W. Dick, L. Carey, and J. O. Carey, The systematic design of instruction. Boston: Harper Collin College Publisher, 2005

Y. Fransisca, “Pengembangan media pembelajaran mata kuliah elektronika daya menggunakan macromedia flash professional 8”, Universitas Negeri Makassar, 2008.

H. Jaya, dan S. Haryoko, “Pengembangan Laboratorium Virtual di SMK Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif” dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Di Universitas Negeri Surabaya, 2010, pp. 2.

H. S. Surjono, Pengembangan computer assisted instruction (CAI) untuk pembelajaran elektronika. Jurnal Kependidikan, vol. XXV, no.2, pp. 95-106, 1995

Muliadi, “Persepsi mahasiswa JPTE FT UNM terhadap aplikasi MULTISIM dalam pembelajaran elektronika daya”, Universitas Negeri Makassar, 2010.

Mulyanta, dkk, Media.Yogyakarta, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2009.

R. Phillips, The Developer's Handbook to Interaktif Multimedia, London: Kogan Page, 1997.

W. Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Bandung: Kencana, 2008.

A. R. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

S. Firdaus, D. J. Damiri, dan D. Tresnawati, “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic”, dalam sttgarut, Jurnal Algoritma, pp. 2, 2012.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.