Perancangan Buku Saku Matakuliah Elektronika Digital

Rosmiati Rosmiati, Ruhamah Ruhamah

Abstract


Dalam Penelitian “Perancangan Buku Saku Matakuliah Elektronika Digital” bertujuan untuk merancang dan membuat Buku Saku Matakuliah Elektronika Digital. Dalam matakuliah Elektronika Digital terdapat materi diantaranya sistem bilangan dan kode serta gerbang logika yang memerlukan pemahaman bagi mahasiswa sehingga membutuhkan panduan berupa buku yang dapat digunakan dan dipelajari dimana saja. Buku Saku merupakan salah satu solusi yang efisien dan efektif untuk digunakan sebagai panduan dalam kegiatan pembelajaran terutama ditengah terbatasnya referensi berupa buku terkait dengan matakuliah elektronika digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa buku saku matakuliah elektronika digital yang dapat bermanfaat dalam menunjang kegiatan pembelajaran terutama dalam kondisi masa pandemic covid-19 yang mewajibkan system pembelajaran daring. 


Full Text:

PDF

References


Aini, Afdholia Nurul dan Suharti. 2017. Pengembangan Buku Saku Aksara Jawa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD 1 Kadipiro Kasihon Bantul. Jurnal PGSD Indonesia. Volume 3 (2)

Arief S. Sadiman, M.Sc, Dkk (2011). Media Pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar,. (2011). Media pembelajaran. rev.ed. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Juniati, Etika dan Widianti, Tuti. Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping dan Multiplr Inteligences Materi Jamur di SMA Negeri 1 Slawi. Unnes Journal of Biology Education. Volume 2 (1): 37- 44. 2015.

Mais, Asrorul. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Meikahana, Ranintya dan Kriswanto, Erwin Setyo. Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Perawatan Cedera Olahraga untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Volume 11 (1) .2015

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.