EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA PESANTREN PUTRI YATAMA MANDIRI KABUPATEN GOWA

Rezki Ramdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model Creative Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Pesantren Putri Yatama Mandiri tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian The One Group Pre-test and post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 25 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 6 pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta lembar angket untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan model Creative Problem Solving. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,57 dan ini berada pada kategori terlaksana dengan baik.(2) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa untuk setiap indikator telah mencapai kriteria aktif dengan rata-rata persentase 84,88% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan aktivitas siswa. (3)skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Creative Problem Solving adalah 87,32 dengan standar deviasi 8,09. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 24 siswa (96 %) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai. (4) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap model pembelajaran Creative Problem Solving yaitu 88,57% merespon positif. (5) Rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan (Gain) sebesar 0,80. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ketuntasan belajar matematika siswa setelah pembelajaran melalui model Creative Problem Solving telah memenuhi kriteria tuntas atau H1 diterima dengan nilai Zhitung>Ztabel = 2 > 1,64. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model Creative Problem Solving efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI IPA SMA Pesantren Putri.
Kata Kunci : Pembelajaran Creative Problrm Solving

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman. 2014. Implementasi Pembelajaran PAIKEM. Jakarta: Alfabeta,cv. Arsyad. 2005. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMPNegeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,cv. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional (DEPDIKNAS) Republik Indonesia. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti.

Halim. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Makassar. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar

Irmayanti. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Ismihyani. 2000. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Jufriansyah, Adi. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIII SMP Sombaopu Sungguminasa Kabupaten Gowa.Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Karim, A. 2007.Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Tugas Terstruktur pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Takalar.Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Maimunah. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Mariso Kota Makasar. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Muslihati.2005.Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII SMP Dharmayadi Makassar.Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Muspira. 2014. Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing dengan Setting Kooperatif pada Siswa Kelas VII1 SMP Somba Opu Kabupaten Gowa. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Nasaruddin. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Galesong Selatan. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Nurhikmah. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Makassar. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Roestyah, 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiono. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. Agus. 2014. Cooperatif Learning . Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Taslim. 2015. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif pada Siswa Kelas VII5 SMP Muhammadiyah 5 Limbung Kabupaten Gowa. Makassar: Skripsi FKIP Unismuh Makassar.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar- dasar Statistika . Makassar: Andira Publisher.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group: Surabaya.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistika. Yogyakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rezki Ramdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.