EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AWANGPONE
Abstract
Kata kunci : efektivitas, berpikir kritis, penalaran matematis, pair chec, Segi Empat.
Full Text:
UntitledReferences
Ahmad. 2017 “Memahami Berpikir kritis” [online] tersedi http://re-searchenignes.com/1007arief3.html
Arend, R.I. 2004. Learning to teach. New York. McGraw-Hill (tersedia pada http://guruipskudu.wordpress.com/2013/04/13/pembelajaran
Arikunto, S.(2005). Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bayer.B.K (1995) “Critical Thinking” [online]. Tersedia http://www.criticalthinking.com/articles.html.
Depdiknas. (2005) “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Jakarta. Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta
Ennis, R.H. (2002). A Super-streamlined conception of Critical Thinking. [online]. Tersedia hhtp://www.criticalthinking.com/articles.html.
Fachrurazi, 2011 ”Penerapan Pembelajaran BerbasisMasalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”Jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf
Faiq, Muhammad. (2013) “Strategi Pembelajaran Pair check untuk Model Pembelajaran kooperatif”[online]tersedia; http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/strategi-pembelajaran-pairs-check-model-kooperatif.html
Hasmiati. 2013. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) dan Tipe team Games Taurnamen (Tgt) Materi Volume Bangun Ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis. Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Huda Miftahul. (2010) “Cooperatif Learning” Yogyakarta. Puastaka Belajar
Ibrahim. R dan Nanan Syodih (2013) “Perencanaan Pengajaran” Jakarta. Rineke Cipta
Ibrahim (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Mateematika Melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-ended. Tesis SPS UPI.
IMSTEP-JICA (1999). Permasalahan pembelajaran Matematika SD,SLTP, dan SMU di kota Bandung: Bandung: FMIPA UPI.
Kagen, Spencer. 1993. “Model Pembelajaran Pair Chek”. Tersedia pada http://www.pair check/Model Pemebalajaran Pair checks (spencer Kagen, 1993)/rachmadwidodo’s weblog.html (diakses tanggal 12 Desember 2012)
Karl, A. Smith,, Sheri D Sheeppard, David W.J, Rogert T. Johson. (2005). “Pedagogies Of Anggagement:Class Rooom Based Practices”Journal of enginering education.
Lie, Anita. 2002. Coopertif Learning MempraktikanCoopertif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Mardapi, Djemari. 2012. “Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Litera.
Mayadiana, 2005 “Pendekatan Metakognitif sebagai alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Tesis SPS UPI
Ni Md Yantiani (2012) “Pembelajaran Kooperatif pair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun ruang dan Bangun Datar Siswa Kelas IV GUGUS IV Semarapura”Jurnal.Tersedia http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1188
Oemar Hamalik. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: CV. Tarsito
Oemar Hamalik. (2005) “Kurikulum dan Pembelajaran “.Jakarta. Bumi Aksara
Priatna, 2003, “Penerapan Pendekatan Difrentiated instruction dalam Peningkatan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMA” Tesis SPS UPI
Ruseffendi (2006). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2017. “Metode Penelitian Pair check”. Tersedia pada http://www.fisikaonline.webnode.com (diakses tanggal 6 November 2012)
Sudirman (2013) “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Sarwono, W.S (1998) “Teori-Teori Psikologi Sosial” Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Slavin. Robert. 2015 Cooperatif Learning teory, riset dan praktik. Terjemahan Narulito Yusron Cooperatif teory learning,research and practice. Cetakan ke-15. Bandung: Nusa Media
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta
Sumarmo, U. (2003). Pengembangan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Lemlit UPI: Laporan Penelitian
Suryadi Didi, 2005 “Penelitian Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Karakter Bangsa” Lemlit UPI: Laporan Penelitian
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstasi Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Tiro. Arif. Muhammad,(2008). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar Andira Publisher.
Tiro, Arif, Muhammad, (2010). Analisis Korelasi dan Regresi. Edisi Ketiga. Makassar. Andira Publisher.
Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Edisi Pertama. Jakarta, Kencana Pernnada Media Group.
Wahyunin (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam mata pelajaran Matematika. Bandung: Disertasi SPS UPI
Warsa, Nanang, (2012). Meningkatkan kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Bandung UPI Tesis Repository.upi.edu
Widodo, Rahmat. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif word Square. http://www/wordpress.com/2009/14/model-pembelajaran-word-square/. Diakses (28 maret 2018)
Wikipedia (2014). [online]. http://wikipedia.org/wiki/bangun_datar. Diakses tanggal (15-3-2018)
DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aspikal Hujemiati, Hujemiati Hujemiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.