EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AWANGPONE

Aspikal Hujemiati, Hujemiati Hujemiati

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen yang bertujuan untuk : (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran tipe pair check ditinjau berpikir kritis siswa SMP negeri 2 Awangpone untuk mengetahui aktivitas siswa SMP negeri 2 Awangpone dalam pembelajaran matematika yang mneggunakan pembelajaran kooperatif tipe pair check, (3) Mengetahui respon siswa SMP Negeri 2 Awangpone dalam pembelajaran matematika yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe pair check. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 2 Awangpone sampel terdiri dari satu kelas dengan memberikan perlakuan pembelajaran kooperatif tipe pair check. Data yang dikumpulkan terdiri data hasil belajar siswa yang ditinjau dari berpikir kritis, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, data respon siswa terhadap matematika setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair check. Data aktivitas siswa dan respon siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan analisis keefektifan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipepair check cukup efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa, ini terlihat dari hasil analisis kefektifan dengan rata rata 3,27 yang berada pada kategori cukup efektif. (2) pembelajaran model kooperatif tipe pair check dapat mistimulin aktivitas siswa ini terlihat dari kelima pertemuan berda pada kategori sangat baik dengan rata-rata 3,17 (3) pembelajaran model kooperatif tipe pair check ditinjau dari penalaran matematis dan berpiir kritis siswa mendapat respon positif daris siswa terlihat dari bahwa rata-rata skor respons siswa pada pembeljaran pair checklebih dari 3,5
Kata kunci : efektivitas, berpikir kritis, penalaran matematis, pair chec, Segi Empat.

Full Text:

Untitled

References


Ahmad. 2017 “Memahami Berpikir kritis” [online] tersedi http://re-searchenignes.com/1007arief3.html

Arend, R.I. 2004. Learning to teach. New York. McGraw-Hill (tersedia pada http://guruipskudu.wordpress.com/2013/04/13/pembelajaran

Arikunto, S.(2005). Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bayer.B.K (1995) “Critical Thinking” [online]. Tersedia http://www.criticalthinking.com/articles.html.

Depdiknas. (2005) “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Jakarta. Balai Pustaka

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta

Ennis, R.H. (2002). A Super-streamlined conception of Critical Thinking. [online]. Tersedia hhtp://www.criticalthinking.com/articles.html.

Fachrurazi, 2011 ”Penerapan Pembelajaran BerbasisMasalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”Jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf

Faiq, Muhammad. (2013) “Strategi Pembelajaran Pair check untuk Model Pembelajaran kooperatif”[online]tersedia; http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/strategi-pembelajaran-pairs-check-model-kooperatif.html

Hasmiati. 2013. Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) dan Tipe team Games Taurnamen (Tgt) Materi Volume Bangun Ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Tesis. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Huda Miftahul. (2010) “Cooperatif Learning” Yogyakarta. Puastaka Belajar

Ibrahim. R dan Nanan Syodih (2013) “Perencanaan Pengajaran” Jakarta. Rineke Cipta

Ibrahim (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Mateematika Melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-ended. Tesis SPS UPI.

IMSTEP-JICA (1999). Permasalahan pembelajaran Matematika SD,SLTP, dan SMU di kota Bandung: Bandung: FMIPA UPI.

Kagen, Spencer. 1993. “Model Pembelajaran Pair Chek”. Tersedia pada http://www.pair check/Model Pemebalajaran Pair checks (spencer Kagen, 1993)/rachmadwidodo’s weblog.html (diakses tanggal 12 Desember 2012)

Karl, A. Smith,, Sheri D Sheeppard, David W.J, Rogert T. Johson. (2005). “Pedagogies Of Anggagement:Class Rooom Based Practices”Journal of enginering education.

Lie, Anita. 2002. Coopertif Learning MempraktikanCoopertif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Mardapi, Djemari. 2012. “Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Litera.

Mayadiana, 2005 “Pendekatan Metakognitif sebagai alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Tesis SPS UPI

Ni Md Yantiani (2012) “Pembelajaran Kooperatif pair Check Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun ruang dan Bangun Datar Siswa Kelas IV GUGUS IV Semarapura”Jurnal.Tersedia http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1188

Oemar Hamalik. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: CV. Tarsito

Oemar Hamalik. (2005) “Kurikulum dan Pembelajaran “.Jakarta. Bumi Aksara

Priatna, 2003, “Penerapan Pendekatan Difrentiated instruction dalam Peningkatan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMA” Tesis SPS UPI

Ruseffendi (2006). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusman, (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2017. “Metode Penelitian Pair check”. Tersedia pada http://www.fisikaonline.webnode.com (diakses tanggal 6 November 2012)

Sudirman (2013) “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Sarwono, W.S (1998) “Teori-Teori Psikologi Sosial” Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Slavin. Robert. 2015 Cooperatif Learning teory, riset dan praktik. Terjemahan Narulito Yusron Cooperatif teory learning,research and practice. Cetakan ke-15. Bandung: Nusa Media

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta

Sumarmo, U. (2003). Pengembangan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Lemlit UPI: Laporan Penelitian

Suryadi Didi, 2005 “Penelitian Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Karakter Bangsa” Lemlit UPI: Laporan Penelitian

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstasi Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Tiro. Arif. Muhammad,(2008). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar Andira Publisher.

Tiro, Arif, Muhammad, (2010). Analisis Korelasi dan Regresi. Edisi Ketiga. Makassar. Andira Publisher.

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Edisi Pertama. Jakarta, Kencana Pernnada Media Group.

Wahyunin (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika dan Siswa dalam mata pelajaran Matematika. Bandung: Disertasi SPS UPI

Warsa, Nanang, (2012). Meningkatkan kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Bandung UPI Tesis Repository.upi.edu

Widodo, Rahmat. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif word Square. http://www/wordpress.com/2009/14/model-pembelajaran-word-square/. Diakses (28 maret 2018)

Wikipedia (2014). [online]. http://wikipedia.org/wiki/bangun_datar. Diakses tanggal (15-3-2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aspikal Hujemiati, Hujemiati Hujemiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.