PEREDUKSIAN MISKONSEPSI KELAUTAN MELALUI PENERAPAN BUKU AJAR BERBASIS LINGKUNGAN PESISIR

Mutmainna Ekawati, Sukmawati syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis lingkungan pesisir yang dapat mereduksi miskonsepsi mahasiswa mengenai pemahaman kelautan yang ditinjau validitas dan keterbacaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal diagnostik three tier dan lembar validasi instrumen (tes dan buku). Tes diagnostik dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan buku ajar berbasis lingkungan pesisir, lembar validasi digunakan untuk mendapatkan data tentang kevalidan instrumen oleh ahli. Efektivitas penggunaan buku ajar dalam mereduksi miskonsepsi terlihat pada pencapaian skor masing-masing siswa. Buku ajar dikategorikan efektif dalam mereduksi miskonsepsi mahasiswa mengenai konsep kelautan berdasarkan hasil analisis yang menunjukkan bahwa rata-rata siswa mencapai skor dalam kategori tinggi (75-100).

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.