ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PERUBAHAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN 104 KOTA UTARA KOTA GORONTALO

Muhammad Sarlin

Abstract


This study aims to determine the effect of student learning interest on Social Sciences. In research that becomes an indicator of research, namely perseverance in learning, awareness in learning; enthusiastic and like learning as an independent variable and learning outcomes as an indicator to see the extent of students' interest in learning social studies. The research method used in this research is quantitative by sampling using saturated sample methods because of the small population. As an instrument used to obtain valid data, namely the questionnaire so that the data in the study is primary data. Data analysis uses simple linear regression. The results of the analysis of this study indicate that there is a significant effect of Student Learning Interests on changes in student Learning Outcomes. The R Square number is 0.463. This value shows that as much as 46.3% of the variability in student learning outcomes can be explained by student learning interests, while the remaining 41.9% is influenced by other variables not examined in this study.

Full Text:

Untitled

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosida Karya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta

Dinar Tiara Nadip Putri dan Gatot Isnani. 2015. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Program Studi Pend. ADP Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor 2 September

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Dalam Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, 2007, Evaluasi Kurikulum Pendekatan Sistematik, Bandung : Remaja Rosidakarya

Hidayati, Mujinem & Senen, 2008. Pengembangan Pendidikan Ips SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Ira Nofita Sari, Dwi Fajar Saputri, Sasmita. 2016. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap Prestasi belajar fisika pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) Prodi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak Volume 4, Nomor 2, September 2016, hal 108-114

Karwati, Euis & Priansa, 2014. Manajemen Kelas Classroom Management Guru Profesional Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan Dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lestari, Indah. 2008. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar Terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif 3(2): 115-125 ISSN: 2088-351

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2007. Metode Penelitian untuk Tesis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Sardiman. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sirait, Erlando Doni. 2016. Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016 ISSN: 2088-351

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sobandi, Siti Nurhasanah A.. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016 halaman 135 – 142

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif dan Kuantiattif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartini, Dewi. 2001. Minat Siswa Terhadap Topik-topik Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya. Tesis. Bandung Program Pascasarjana UPI. M. Bandung

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suwarna, dkk. 2006. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media

Tulus, Tu’u, 2004, Peran Disipiln pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta: Gramedia Widiasarana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Cokroaminoto Journal of Primary Education